BerandaBirokrasiAKD Kabupaten Mojokerto Beri Usulan Gaji Kades Minimal Setara UMK ke Ketua...

AKD Kabupaten Mojokerto Beri Usulan Gaji Kades Minimal Setara UMK ke Ketua DPD RI

KABAR MOJOKERTO – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Mojokerto memanfaatkan momentum kunjungan La Nyala Mahmud Matiliti selaku Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, dari 7 usulan ada 1 yang menarik yaitu kenaikan gaji Kepala Desa minimal setara dengan UMK.

Kunjungan kerja dalam rangka serap aspirasi Kepala Desa se Kabupaten Mojokerto itu digelar di Graha Maja Tama kantor Pemkab Mojokerto, Kamis (5/7/2023).

Selain La Nyala, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

La Nyala dalam acara tersebut turut memberikan sambutan, kemudian menerima berkas usulan dari Ketua AKD Kabupaten Mojokerto. Di dalamnya berisi 7 poin usulan dari Kades anggota AKD Kabupaten Mojokerto.

Adapun 7 poin usulan tersebut yakni, Pertama, Pemerintah memberikan anggaran dan pendampingan secara melekat pada desa untuk mendirikan usaha desa sebagai sumber penghasilan desa.

Momen penyampaian usulan AKD Mojokerto kepada Ketua DPD RI, juga terlihat Bupati Mojokerto pada acara tersebut.

Kedua, Penghasilan kepala desa dan perangkat Desa di bebankan APBD kabupaten harapannya besaran dan alokasinya bisa sama dan rutin setiap bulan.

Ketiga, Kementrian yang membawahi desa agar di pusatkan pada satu kementrian saja (Kemendagri atau Kemendes).

Keempat, Pemerintahan Desa (Pemdes dan BPD), dari Dana Desa (DD) diberikan alokasi anggaran untuk mengikut sertakan BPJS Ketenagakerjaan (4 program) Iuran Jaminan Hari Tua, luran Pensiun, luran Kecelakaan kerja, Juran Kematian.

Kelima, Dana Desa dialokasikan untuk THR, Pemerintahan Desa (Pemdes dan BPD). Keenam, Penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa ditingkatkan minimal sama dengan UMK.

Ketujuh, Besaran Dana Desa yang diterima oleh desa bisa ditambah sehingga kewenangan desa juga bisa bertambah.

Menanggapi usulan itu, Ketua Umum Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Timur itu berjanji akan mengakomidirnya. Menurut dia, 7 poin usulan tersebut sudah bagus.

“Kalau kita selalu mengakomodir, karena tugas kita hanya mengawasi dan menerima aspirasi,” katanya kepada wartawan usai kegiatan serap aspirasi tersebut.

Pihaknya akan menyampaikan usulan AKD Kabupaten Mojokerto itu ke Pemerintah Pusat, setelah melakukan pembahasan dengan timnya.

Menurut dia semua usulan sudah bagus. Tujuh poin itu memiliki bobot yang tidak memberatkan, dan dinilainya sudah tepat.

“Kalau sudah diputuskan sama tim, akan kita buat berupa proposal dan kita serahkan pemerintah. (Persetujuan) itu sudah tugasnya eksekutif. Kalau saya tidak ada yang memberatkan, semuanya sudah bagus,” tutupnya.(Her/Latif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular