BerandaBirokrasiBupati Mojokerto Tambah 4 RTH Seluas 8,4 Hektare, Digadang-gadang Jadi Pusat Pertumbahan...

Bupati Mojokerto Tambah 4 RTH Seluas 8,4 Hektare, Digadang-gadang Jadi Pusat Pertumbahan Ekonomi Desa

Mojokerto – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menambah 4 titik ruang Ruang Terbuka Hijau (RTH) seluas 8,4 hektar. 4 RTH tersebut digadang-gadang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi desa.

4  titik RTH berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis, Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar, Desa Puri Kecamatan Puri, dan Desa Belahan Tengah Kecamatan Mojosari.

Saat ini, 4 titik RTH tersebut sedang dibangun untuk berbagai fasilitas. Seperti playground, pujasera, berbagai UMKM, jogging track, dan amphitheater sebagai wadah untuk anak-anak dapat berkreasi.

Ikfina berkesempatan meninjau progres 4 RTH tesebut pada Selasa (21/3/2023) sore. Hasilnya, progres pembangunan RTH di Desa Sidorejo dengan luas area kurang lebih 1,1 ha sudah mencapai 85 persen, pembangunan RTH Desa Jabon dengan luas area lebih dari 1 ha telah mencapai 82 persen.

Sementara pembangunan RTH di Desa Puri dengan luas kurang lebih 4,3 ha sudah mencapai 75 persen, sedangkan pembangunan RTH di Desa Belahan Tengah Kecamatan Mojosari dengan luas sedikitnya 2 ha sudah mencapai 75 persen.

Ia berharap, ketika proyek pembangunan RTH rampung, pihak Pemerintah Desa melalui BUMDesa menyiapkan menejemen pengelolaan.

“Nanti butuh perawatan, serta ada kelanjutan dari tanah tersebut, bagaimana secara mandiri dapat mengembangkan menjadi suatu tempat yang bisa mendukung kemandirian desa dalam pemasukan PADesnya,” katanya.

Ia menilai, RTH tersebut dapat menjadi pusat ekonomi di desa, serta sebagai tempat pusat untuk bersama keluarga.

“Endingnya kepada peningkatan kualitas hidup melalui peningkatan ekonomi dan kesejahteraan,” bebernya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menargetkan, proyek pembangunan RTH di empat Kecamatan dapat berjalan lancar dan bisa diresmikan pada momen Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke 730 tahun 2023.

“Kita berharap bulan Mei semuanya sudah finish dan masing-masing nanti ada namanya dengan ciri khasnya masing-masing, dan kita berharap bisa launching pada Hari Jadi Kabupaten Mojokerto,” pungkasnya.

Selain Bupati Ikfina, dalam pada kesempatan juga turut dihadiri Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Mojokerto Yurdiansyah, Kabag PKP, Camat Jetis, Camat Mojoanyar, Camat Puri, serta Forkopimca Mojosari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular