BerandaKabar DesaDesa Ketapanrame Mojokerto Masuk 75 Besar Nominasi ADWI Kemenparekraf RI

Desa Ketapanrame Mojokerto Masuk 75 Besar Nominasi ADWI Kemenparekraf RI

KABAR MOJOKERTO – Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 75 besar tahun 2023 dan diharapkan dapat mengikuti proses putaran selanjutnya oleh Kementerian Kesejahteraan Rakyat dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Tim Juri, dan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf di Mojokerto, telah melakukan inspeksi lapangan di Desa Ketapanrame yang memiliki tiga destinasi wisata penerbangan andalan: air terjun Dlundung, Taman Ghanjaran, dan wisata sawah Sumber Gempong.

Data Kemenparekraf terdapat 4.573 desa wisata lainnya yang telah mendaftar pada ajang ini.

Kriteria dasar dalam pengajuan ini adalah faktor-faktor yang meliputi daya tarik dan keunikan wisata, standar kualitas homestay dan toilet, kreativitas digital (promosi desa), cinderamata (kemungkinan potensi kreatif), dan Kelembagaan desa wisata.

Ia menyatakan tujuan ADWI adalah untuk membantu Indonesia menjangkau dunia melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kini terdapat 75 kota terbaik yang masuk dalam rencana Kemenparekraf sudah memenuhi maksud dan tujuan yang ditetapkan pemerintah. Yakni wujudkan pariwisata berkelas dunia dengan daya saing global berkelanjutan.

Desa Wisata Ketapanrame mampu mencapai 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia pada tahun 2023, menurut Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati ini merupakan hal yang positif dalam pengembangan ekonomi.

“Ini merupakan perkembangan yang positif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan menyikapi pariwissata,” ujar Bupati Mojokerto Ikfina.

Ia berharap momentum dibalik ADWI 2023 dapat bermanfaat dalam membantu mengembangkan dan memperluas sumber daya pendidikan dan budaya Desa Wisata Ketapanrame.

“Dengan segala potensi yang ada, pengembangan pariwisata di Desa Ketapanrame diharapkan menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2023 dan menjadi desa terbaik di Indonesia,” ujarnya. (Lat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular