BerandaKabar DesaUniknya Pawai 1 Muharram 1445 H di Mojokerto, Ada Tuyul hingga Ogoh-ogoh

Uniknya Pawai 1 Muharram 1445 H di Mojokerto, Ada Tuyul hingga Ogoh-ogoh

KABAR MOJOKERTO – Pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto menggelar pawai memperingati 1 Muharram 1445 Hijriyah. Para peserta pawai memaki pakai unik seperti tuyul, kostum karnval hingga menampilkan ogoh-ogoh.

Pawai yang digelar pada Rabu (19/7/2023) pagi ini diikuti oleh 35 kelompok perwakilan dari setiap RT di tiga dusun. Yakni Dusun Pandansili, Sukoanyar, dan Wonorejo. Pesertanya dari berbagai kalangan mulai anak-anak hingga emak-emak.

Adapun rute pawai mengeliling jalan desa dengan star di Lapangan Desa Wonorejo. Tampak ada peserta berpenampilan layaknya tuyul dengan membawa dot. Ada pula yang memakai kebaya dan kostum karnaval dengan berbagai pernak-perniknya.

Selain itu, juga ada puluhan tumpeng raksasa mencakup komponen hasil bumi seperti jajan pasar, sayur dan buah-buahan. Tumpeng itu dibentuk mengerucut seperti gunung lalu diiring-iringi oleh masyarakat.

Pawai memperingati 1 Muharram 1445 di Desa Wonorejo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.


Sepanjang perjalanan, para peserta nampak ceria. Yang tak kalah menariknya peserta pawai juga membawa ogoh-ogoh, karya seni patung adat kebudayaan bali.

Kepala Dusun Pandansili Suhartono mengatakan, setiap tahun Desa Wonorejo rutin menggelar pawai memperingati 1 Muharram atau tahun baru hijriah. Tahun ini mengusung tema adat jawa dan keislaman.

“Satu RT satu regu. Masing-masing regu bawa tumpeng untuk dimakan saat finish. Jadi bukan untuk rebutan, tapi untuk kosumsi,” katanya kepada kabarmojokerto.id.

Ia berharap melalui pawai 1 Muharram ini akan membuat umat muslim di Desa Wonorejo lebih bahagia menyambut tahun baru Islam. Selain itu diharapkan terjalin silaturahmi antarmasyarakat.

“Total keseluruhan peserta kurang lebih 43 regu. Tentu tujuan acara pawai dalam rangka 1 Muharram ini agar kita bisa bersama-sama memeriahkan hari raya Islam dengan bahagia,” papar Suhartono.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular