BerandaEkonomi & BisnisKreasi Kue Ang Ku Berbentuk Buah dan Sayur di Mojokerto Banyak Dipesan...

Kreasi Kue Ang Ku Berbentuk Buah dan Sayur di Mojokerto Banyak Dipesan untuk Hantaran Nikahan

Trowulan- Kreativitas Novi Kurniasari (42) membuat kue ang ku berbentuk aneka buah dan sayur berbuah keuntungan yang lumayan. Kue tradisional bikinan ibu dua anak asal Trowulan, Kabupaten Mojokerto banyak dipesan untuk hantaran pernikahan atau tunangan.

Novi memulai bisnis kue ang ku sejak 5 tahun lalu. Awalnya, ia mendapat pesanan kue tradisional Tionghoa itu dari seorang dokter asal Kelurahan Pulorejo, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Namun, si dokter meminta kue ang ku berbentuk buah-buahan.

Kue berbahan ketan itu lazimnya berbentuk tempurung kura-kura. Warnanya merah dan disajikan dengan alas daun pisang. Bagi warga Tionghoa, jajan tradisional ini melambangkan umur panjang.

“Saya uji coba selama satu minggu untuk mengerjakan pesanan itu, belajar otodidak,” bebernya kepada kabarmojokerto.id di rumahnya, Dusun Kasiyan, Desa Domas, Trowulan, Sabtu (25/2/2023).

Kue ang ku berbentuk buah dan sayur buatan Novi (Foto Kabar Mojokerto)

Dari situlah Novi menekuni bisnis kue ang ku. Ia meracik jajan tradisional itu menggunakan tepung ketan, kentang dan gula pasir untuk kulit. Sedangkan isiannya berbahan kacang hijau, gula, ekstrak vanili dan santan kelapa.

Tak ayal kue ang ku buatan ibu dua anak ini terasa nikmat. Bagian kulitnya mempunyai tekstur kenyal, lembut dan manis. Sedangkan isiannya gurih, lembut, serta manisnya pas. Sehingga tidak bikin enek.

Jajan yang biasa disebut kue tok buatan Novi berbentuk mirip aneka buah dan sayur. Mulai dari jagung, labu, terong, jeruk, buah persik, apel, stroberi, jambu merah, manggis, belimbing dan wortel.

“Harganya Rp 3.000 per biji. Kalau satu mini snack box isi 5 biji, terdiri dari kue ang ku campur onde-onde dan lemper Rp 8.000,” ujarnya.

Kue angku bikinan Novi (Foto Kabar Mojokerto)

Kue ang ku imut buatan Novi banyak dipesan untuk hantaran tunangan atau pernikahan, isian snack box untuk rapat atau arisan, serta untuk lomba kue tradisional antar sekolah. Selain itu, kue ang ku berbentuk buah persik rutin dipesan untuk peribadatan di klenteng.

Istri Soliq (44) ini biasa memasarkan kue ang ku imut melalui medsos dan Aplikasi Tumbas milik Disperindag Kabupaten Mojokerto. Novi siap melayani pengiriman ke luar Kabupaten Mojokerto asalkan ongkos kirimnya sesuai.

“Biasanya ramai ketika banyak pernikahan. Omzet paling tinggi bisa sampai Rp 1,5 juta sebulan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular