BerandaHukum KriminalPN Mojokerto Vonis Sopir Truk Tangki Air Tabrak Belasan Penonton Karnaval 10...

PN Mojokerto Vonis Sopir Truk Tangki Air Tabrak Belasan Penonton Karnaval 10 Bulan Penjara

KABAR MOJOKERTO – Anton Dwi Aryatama (32) terdakwa dalam kasus kecelakaan maut karnaval di Pacet Mojokerto jalani sidang vonis. Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto memvonis 10 bulan penjara.

Anton yang kala itu tengah mengemudikan sopir truk tangki air menabrak belasan pononton karnaval, dua di anataranya meninggal dunia.

Kecelakaaan tersebut terjadi pada 24 Agustus 2023. Saat itu kondisi jalan yang menurun curam atau disebut dengan Turunan atau Tanjakan Karlina tengah ramai penonton karnaval.

Nahasnya, kala itu Anton mengelami rem blong dan tidak bisa menguasai kendaraannya hingga menabrak mobil, motor, dan belasan penonton.

Putusan dibacakan oleh hakim ketua Ida Ayu Sri Adriyanthi Astuti Widja dalam sidang vonis yang digelar di Ruangan Cakra PN Mojokerto pada Selasa (21/11/2023). Dalam amat putusannya, ia menyatakan Anton terbukti melanggar pasal 310 ayat 2 dan 4 UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan.

“Menjatuhkan pidana selama 10 bulan dan denda Rp 5 juta. Apabila tidak dibayar maka diganti dengan 1 bulan kurungan,” katanya.

Anton menerima vonis yang dijatuhkan mejelis hakim. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sebelumya, Jaksa mengingkan Anton dihukum pidana penjara selama 1 tahun dan denda Rp 5 juta.

Seperti diketahui, truk tangki air bernopol S 9085 UP yang disopiri Anton warga Tambak Mayor Baru Asemrowo Surabaya itu menyasak kerumunan penonton karnaval 17-an di jalan menurun kawasan Karnila Futsal Desa Sajen Kecamatan Pacet Mojokerto pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Mengalami rem blong, truk muatan penuh 6 ton air tersebut mengakibatkan dua orang tewas di lokasi karena terlindas. Sedangkan 13 penonton lain mengalami luka-luka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular