BerandaHukum KriminalSopir Truk Maut di Karnaval Pacet Mojokerto 2023 Dituntut Ringan, Keluarga Korban...

Sopir Truk Maut di Karnaval Pacet Mojokerto 2023 Dituntut Ringan, Keluarga Korban Berdamai

KABAR MOJOKERTO – Kasus hukum yang menimpa sopir truk tangki air yang tabrak puluhan orang kembali berlanjut, kali ini memasuki agenda sidang tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Mojokerto.

Terdakwa Anton Dwi Aryatama (33) sopir truk tangki air di turunan Karlina Jalan Raya Desa Sajen Kecamatan Pacet Mojokerto, dengan hukuman penjara selama 1 tahun dan denda Rp5 juta.

Anton tidak sengaja menabrak puluhan orang yang mengakibatkan beberapa orang meninggal dunia pada acara karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 78 yang tengah berlangsung.

Sidang agenda tuntutan itu digelar secara terbuka di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto sekitar pukul 10.00 WIB pada Selasa (14/11/2023). Anton mengikuti sidang secara langsung tanpa didampingi penasihat hukum.

Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Ida Ayu Sri Adriyanthi Astuti Widja serta Hakim Anggota, Jenny Tulak dan Rosdiati Samang. Hadir pula JPU dari Kejari Kabupaten Mojokerto, Fajaruddin.

JPU menyatakan Anton terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 310 ayat (2) dan (4) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan.

“1 tahun (dituntut) denda Rp5 juta subsider 2 bulan (penjara),” kata Fajar kepada wartawan usai sidang di PN Mojokerto, Selasa 14 November 2023.

Terdakwa dituntut ringan karena pihak keluarga korban sepakat damai. Selain itu terdakwa juga sudah memberikan santunan terhadap keluarga korban meninggal dan luka-luka.

“Dia sudah damai sama keluarga, sudah diganti semua kerugiannya, sudah dibelikan motor dan keluarga korban sudah memaafkan,” terang Fajar.

Sebelumnya JPU mendakwa Anton Sopir truk tangki, Anton Dwi Aryatama warga Dusun Bedog Desa Mlaten Kecamatan Puri yang menabrak belasan penonton karnaval di Pacet dengan 2 pasal dengan ancaman pidana maksimal 6 tahun dan denda Rp 12 juta.

Kasus Anton ini bermula ketika truk tangki air bernopol S 9085 UP yang dikemudikannya menabrak puluhan penonton karnaval 17-an di jalan menurun kawasan Karlina Futsal Desa Sajen pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Truk yang dikemudikan Anton dinyatakan mengalami remblong, truk muatan penuh 6 ton air tersebut mengakibatkan dua orang tewas di lokasi dan terdapat 13 penonton lain yang mengalami luka-luka.

Anton kemudian ditetapkan menjadi tersangka, setelah dilakukan serangkaian penyelidikan oleh Satlantas Polres Mojokerto.

jurnalisLukman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular