BerandaKulinerGurih dan Pedasnya Keripik Belalang di Mojokerto Ini Bikin Ngiler, Mau Coba?

Gurih dan Pedasnya Keripik Belalang di Mojokerto Ini Bikin Ngiler, Mau Coba?

Dawarblandong- Mojokerto memiliki ragam kuliner yang memanjakan lidah. Meski sedikit ekstrem, keripik belalang goreng ini dijamin bikin ngiler. Sebab gurih dan pedasnya nendang.

Ya, kripik belalang goreng buatan Fatmawati ini terkenal unik dan gurih. Apalagi jika disantap sebagai lauk nasi jagung, makin maknyus. Saking terkenalnya, kripik belalang ini banyak diburu dan ramai dipesan secara online.

Bagaimana proses mengolahnya hingga bisa dimakan? Kebetulan Kabarmojokerto.id sudah pernah mampir dan mincicipi langsung. Akan diulas selengkapnya di artikel ini.

Olahan sambel kripik Belalang goreng lengkap dengan nasi jagung. (Foto Dok. Kabarmojokerto.id)

Olahan belalang goreng perempuan berusia 39 tahun inii ada 2 varian.  Keripik belalang yang benar-benar krispi dan belalang sambal kemangi. Keduanya sebenarnya menggunakan racikan bumbu yang hampir sama. Bedaanya ada di campuran kemangi.

Fahmawati menjelaskan, proses awal pengolahan belalang lebih dulu dibersihkan. Sayap dan kaki yang berduri dipotong, kotoran dari ekor dan kepala dikeluarkan. Kemudian belalang dicuci dengan air mengalir sampai benar-benar bersih.

Barulah belalang digoreng sampai krispi. Setiap 0,5 Kg belalang harus digoreng selama 30 menit. Setelah itu belalang yang masih sedikit basah dipilah untuk digoreng kedua kalinya. Jika berwarna merah kecoklatan, pertanda belalang sudah matang.

Proses selanjutnya pencampuran dengan bumbu. Bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri dan daun jeruk purut diuluk ke dalam cobek.

Sedangkan belalang sambal kemangi menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai dan kemangi. Setelah selesai, belalang dituangkan lalu diaduk hingga rata. Belalang goreng pun siap disajikan.

Sambel kripik belalang olahan Fatmawati.

Namun, anda tidak bisa ujuk-ujuk datang tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Sebab, Fatmawati jarang menerima pesanan mendadak. Selain rumahnya bukan warung, memasak belalang goreng membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Harus pesan dulu jauh-jauh hari biar bisa saya siapkan untuk berapa orang. Saya sajikan dengan nasi jagung dan keripik belakang,” ujarnya.

Tidak semua belalang diolah Fatmawati menjadi keripik maupun belalang sambal kemangi. Rata-rata belalang yang ia masak menjadi 2 varian kuliner tersebut hanya 7-8 Kg per hari. Sebagian besar belalang justru ia jual mentah siap goreng seharga Rp 130 ribu per Kg. Siapa tahu anda bisa memasak sendiri di rumah.

Nah, setelah membaca artikel ini apakah anda mau mencoba ? Bagi anda yang rumahnya jauh tenang saja. Belalang goreng bikinan Fatmawati bisa dipesan via online. Anda cukup menghubungi nomor WhatsApp 0857-4869-8147 atau Facebook Cah Ayu Kirana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular