BerandaPendidikanSMPN 2 Sooko Mojokerto Targetkan 40 Siswa Hafal Juz 30 Setiap Tahun

SMPN 2 Sooko Mojokerto Targetkan 40 Siswa Hafal Juz 30 Setiap Tahun

Sooko- SMPN 2 Sooko, Kabupaten Mojokerto menargetkan 40 siswa hafal Al-Qur’an Juz 30 setiap tahun. Target ini dicapai dengan program setoran ayat, bekerja sama dengan Jam’iyah Qurra wal Hafidz Nahdlatul Ulama (JQH-NU) Kabupaten Mojokerto.

Program ini khusus untuk siswa kelas VII dan VIII yang lulus dari Sekolah Dasar Islam (SDI) dan Madrasah Ibtida’iyah. Para siswa tersebut mengikuti kegiatan tambahan setiap hari Senin pukul 13.00 WIB. Kegiatan itu dipusatkan di Musholla sekolah yang berloksi Jalan Raya Modongan, Kacamatan Sooko, Mojokerto itu.

Kepala Sekolah SMPN 2 Sooko, Muhammad Sayudi mengatakan, saat ini kegiatan setoran ayat diikuti oleh 90 siswa. Satu kali pertemuan, mereka bebas menyetorkan berapa pun yang dihafal, sesuai kemampuan masing-masing anak.

“Tahun 2022 kita menargetkan tahun 2023 kalau bisa 40 anak yang hafal juz 30. Sekolah mencari cara bagaimana target setiap tahun terpenuhi,” katanya, Rabu (25/1/2023).

Pada tahun ajaran 2022, target 40 siswa hafal Alquran Juz 30 tidak terpenuhi. Hanya ada 7 siswa yang mampu mengahafal Juz 30. Sehinga, di tahun 2023 ini, pihaknya bersama tim sekolah yang terlibat berencana menambah jam kegiatan setoran hafalan.

Menurut dia, satu kali pertemuan setiap minggu dinilai kurang efektif. Selain itu, dibutuhkan peran orang tua dan tambahan guru pembimbing yang sudah hafal Alquran. Sayudi berharap, pembimbing yang sudah tahfidz dapat membagi metode hafalan mudah dan cepat.

“Orangbtua akan kami undang, mereka akan kami beritahu untuk bahwa di sekolah ada kegiatan penajaman hafalan. kita tidak mengandalkan JQH saja, tapi juga menggandeng teman-teman yang hafidz. Metode penghafalan mereka bisa ditularkan ke anak-anak, sehingga anak-anak bisa dengan mudah menghafal,” ujarnya.

Program hafalan Juz 30 ini sudah mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto. Setiap tahun, para siswa yang hafal Juz 30 akan diwisuda dan dites dihadapan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. Bahkan, jika ada siswa yang mampu menghafal 5 Juz bakal diberikan beasiswa sekolah senilai Rp 10 juta.

“Tahun 2021 siswa SMPN 2 ada yang mendapatkan  beasiswa. Untuk tahun 2022 tidak ada,” ujar Sayudi.

Setelah diwisuda, para siswa tersebut mendapat sertifakat. Suyadi menjelaskan, sertifikat itu dapat dijadikan modal untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, melalui jalur prestasi religi.

Selain untuk prestasi, ia berharap, program hafalan Alquran  bisa bermanfaat bagi siswa untuk kehidupan bermasyarakat. Menjadi panutan sekaligus imam di Mushalla atau Masjid misalnya.

“Kalau anak-anak mempunyai hafalan juz 30, ditengah masyarakat sangat bermanfaat, karena memang sekarang ini degadrasi moral harus betul-betul kita antisipasi,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular