BerandaPeristiwaDiduga Sengaja Dibakar, 6 Hektar Lahan Hutan Jati di Jatirejo Mojokerto Dilalap...

Diduga Sengaja Dibakar, 6 Hektar Lahan Hutan Jati di Jatirejo Mojokerto Dilalap Api

KABAR MOJOKERTO – Kebakaran lahan dan hutan terjadi kembali di Mojokerto. Sekitar 6 hektar lahan hutan yang ditumbuhi pohon jati dilalap api.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Mojokerto, Kebakaran terjadi kawasan hutan milik Perhutani yang berada di area Petak 2B Kelompok Pemangku Hutan (KPH) Pasuruan, Desa Sumberjati, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto pada Selasa (8/7/2023). Api diketahui sekitar pukul 13.35 WIB.

“Lahan ilalang dan daun jati kering yang terbakar seluas 4 hektar,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim, Selasa (8/8/2023).

Petugas gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Mojokerto, petugas Perhutani, Polsek Jatirejo, Koramil Jatirejo, dan Satpol PP diterjunkan untuk memadamkan api.


Petugas memadamkan api dengan alat seadanya. Sebab, jalannya tidak bisa dilalui mobil pemadam kabakaran. Api berhasil dipadam sekitar pukul 15.20 WIB.

Akan tetapi, lanjut Khakim , api kembali menyala sekitar pukul 19.23 WIB dari sisa abu yang masih menyala. Untuk yang kedua kalinya membakar seluas 2 hektar lahan. Sehingga total luas yang terbakar 6 hektar lahan jati.

“Pada pukul 21.46 WIB api dinyatakan padam,” ujarnya.


Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Taksiran kerugian juga masih belum diketahui. Khakim menyebut, hutan yang terbakar itu diduga sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Penyebab kebakaran ini diduga dibakar oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” pungkas Khakim.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular