BerandaPeristiwaKali Lamong Dawarblandong Mojokerto Meluap, 3 Desa Terendam

Kali Lamong Dawarblandong Mojokerto Meluap, 3 Desa Terendam

KABAR MOJOKERTO – Beberapa hari belakangan Mojokerto diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi. Dampaknya, terjadi luapan di Kali Lamong hingga menyebabkan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Dawarblandong.

Kali Lamong yang meluap terjadi di sepanjang bantaran sungai, kejadian tersebut sejak Jumat (8/12/2023) pukul 02.30 WIB dini hari. Total terdapat tiga desa yang terdampak luapan Kali Lamong, yakni Dusun Ngarus Desa Banyulegi, Desa Talunbladong dan Dusun Klanting Desa Pulorejo.

Pantauan Kabarmojokerto.id dilokasi, warga dan pelajar berusaha melintasi jembatan penghubung Dusun Klanting Desa Pulorejo, yang terendam air luapan sungai. Tanpa alas kaki, sejumlah pelajar menerobos genangan air setinggi lutut tersebut.

Nampak rumah warga yang terendam air luapan Kali Lamong.

“Mulai meluap sekitar pukul 02.30 WIB. Pagi tadi baru masuk rumah warga,” kata Sukiman (55) warga sekitar.

Kondisi luapan air cukup parah karena air memasuki ruang tamu hingga dapur rumah warga setinggi sekitar 15 centimeter.

“Sekarang sudah mulai surut. Kalau hujan deras lagi bisa jadi semakin tinggi,” terang dengan kawatir.

Sementara BPBD Jatim menyebutkan dampak luapan Kali Lamong juga melanda sawah warga. Sekitar 15 hektar sawah warga yang ditanami tebu dan lombok terendam banjir.

“Kalau identifikasi sementara ada sekitar 15 hektar sawah yang terendam banjir,” jelas Pengelola Data Informasi BPBP Jatim Achmad Kurniawan.

jurnalisLukman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular