BerandaSejarahPengidap Maag Jangan Takut Puasa, Simak Tips Sehat dari Dokter Puskesmas Dawarblandong...

Pengidap Maag Jangan Takut Puasa, Simak Tips Sehat dari Dokter Puskesmas Dawarblandong Mojokerto

Mojokerto- Maag kerap kali sangat mengganggu ketika kita menunaikan puasa Ramadhan. Bagi Sobat Karmo yang mengidap penyakit ini, sebaiknya menyimak tips sehat dari Dokter Puskesmas Dawarblandong, Mojokerto, dr Brama Syukri Perkasa.

dr Brama mengatakan, maag adalah kondisi iritasi pada lambung. Gejala penyakit ini paling jamak berupa nyeri pada ulu hati. Ternyata Sobat Karmo tetap aman kok untuk berpuasa meski mengidap maag.

“Pengidap maag aman untuk berpuasa, kecuali maag kronis sudah menahun dan iritasi lambung yang awalnya sedikit menjadi membesar yang perlu konsultasi kepada ahlinya untuk berpuasa,” terangnya kepada kabarmojokerto.id, Jumat (31/3/2023).

Puasa Ramadhan selama satu bulan, lanjut dr Brama, justru bagus untuk kesehatan tubuh. Sebab puasa bermanfaat untuk meregulasi metabolisme tubuh. Ia menegaskan puasa tidak akan memperparah penyakit maag asal Sobat Karmo mampu menjaga pola makan dan pikiran.

“Selesai Ramadhan, prosesnya harus dikembalikan lagi seperti semula. Jangan sampai mengurangi makan, atau balas dendam makan sambal terlalu pedas. Jadi, tetap harus dijaga,” jelasnya.

Berikut 5 tips puasa tetap sehat dari dr Brama untuk Sobat Karmo yang mengidap maag

1. Hindari kondisi stres karena psikis sangat berpengaruh terhadap asam lambung di lambung. Sehingga terkadang bukan karena makanan maupun kondisi lambung kosong, tapi kondisi stres yang meningkatkan asam lambung. Selalu yakin meski mengidap maag akan tetap kuat berpuasa

2. Harus makan sahur tepat waktu. Hindari makanan dan minum yang memperberat kerja lambung, seperti makanan terlalu pedas, asam, berunsur ketan, mengandung minyak atau santan berlebihan, serta minuman bersoda. Karena itu sangat mengiritasi lambung

3. Berbuka puasa tidak boleh ditunda, harus disegerakan. Awali dengan kue dan minuman manis. Jeda 15-30 menit baru makan berat yang bergizi seimbang. Karena kalau lambung yang tadinya kosong, tiba-tiba dapat kerjaan berat akan berpengaruh terhadap kinerja lambung. Berbukalah dengan makanan yang normal saja, tidak terlalu pedas, terlalu asam, minuman bersoda, mengandung ketan, serta minyak atau santan berlebih

4. Pilihan makanan untuk sahur dan berbuka tergantung usia. Bagi usia produktif 15-40 tahun, makanan apa pun masih aman. Namun, hindari pedas dan asam berlebihan, hindari minuman bersoda, mengandung ketan, serta minyak atau santan berlebihan. Bagi usia 40 tahun ke atas, makanan harus dijaga, tidak boleh terlalu berat, serta harus mengurangi lemak dan santan

5. Tidak perlu meminum obat penetral asam lambung untuk mencegah maag kambuh saat berpuasa. Karena obat, baik berbentuk sirup maupun tablet hanya untuk mengatasi nyeri ketika maag kambuh. Nah, ketika kambuh, sebaiknya minum obat sebelum makan. Karena kalau lambung perih langsung diberi makan, akan bertambah nyeri dan muntah.

(Penulis: Muhammad Gusta)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular