BerandaSejarahPuskesmas Bangsal Sigap Layani Persalinan dengan Inovasi Permen Si Mela

Puskesmas Bangsal Sigap Layani Persalinan dengan Inovasi Permen Si Mela

Bangsal – Puskesmas Bangsal memberikan pelayanan khusus terhadap persalinan ibu. Melalui inovasi Permen Si Mela, ibu hamil dijamin mendapat penanganan persalinan aman dan sigap oleh tim Puskesmas Bangsal.

Kepala Puskesmas Bangsal Ulfah Kurniasari mengatakan, Permen Si Mela merupakan akronim dari Persalinan Aman, Siap, Sigap Melayani. Ia memaparkan, program tersebut dilakukan dengan memberikan pelayanan persalinan bagi bumil kapan diperlukan. Puskesmas Bangsal menyiagakan ambulans 24 jam, armada siap melakukan jemput bola dari rumah pasien ke rumah sakit.

“Kita jemput tanpa dipungut biaya. Disini sudah ada tim yang bersertifikat, mulai dari dokter, bidan, dan perawatanya,” katanya kepada kabarmojokerto.id.


Oleh sebab itu, ibu hamil dan keluarga tidak perlu khawatir jika terjadi tanda-tanda hendak melahirkan, seperti ketuban pecah maupun keluar darah. Masyarakat bisa menghubungi layanan Puskesmas Bangsal melalui nomor hotline ini, 081335010982.

Pasca persalinan pun demikian, petugas Puskesmas juga akan siap mengantarkan ibu dan si bayi pulang ke rumah apabil keluarga tidak menyediakan mobil.

Ulfah mengungkapkan, ide inovasi Permen Si Mela ini dilatarbelakangi oleh capai kinerja yang rendah pada tahun 2018. Saat itu, Puskesmas Bangsal hanya melayani 3 sampai 4 pasien bersalin dalam setahun.

Padahal, Puskesmas Bangsal termasuk Puskesmas Poned yang mempu memberikan pelayanan terhadap ibu hamil, bersalin dan nifas serta kegawatdaruratan bayi baru lahir.  Pelayanan dalam menangani kegawatdaruratan ibu dan bayi itu meliputi kemampuan untuk menangani dan merujuk.


Ia menyebut, capaian kinerja layanan persalinan rendah disebabkan wilayah kerja Puskesmas Bangsal terdapat layanan berupa fasilitas kesehatan (faskes)  berupa Rumah Sakit dan Klinik. Selain karena lebih memilih di dua faskes tersebut, masyarkat tidak banyak yang mengetahui jika Puskesmas Bangsal bisa melayani persalinan.

“Berkat inovasi Permen Si Mela capaian kinerja terus naik dari tanun ke tahun. Tahun 2018 hanya 4 orang, lalu menjadi 39 orang di tahun 2019 , 51 orang ditahun 2020,” pungkasnya Ulfah.

Inovasi Permen Si Mela pernah masuk  Top 30 dalam kompetisi inovasi pelayanan publik (Kovablik) Provinisi Jawa Timur tahun 2021.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular