BerandaSejarahViral di Media Sosial Santri di Mojokerto Disebut Netizen Mirip Erling Haaland,...

Viral di Media Sosial Santri di Mojokerto Disebut Netizen Mirip Erling Haaland, Ini Sosoknya

KABAR MOJOKERTO – Viral di media sosial, seorang santri di Mojokerto mencuri perhatian warganet. Alasannya karena wajah dan rambutnya mirip dengan pesepak bola dunia yaitu Erling Braut Haaland.

Haaland yang merupakan pemain berkebangsaan Norwegia tersebut kini bermain sebagai penyerang Manchester City, salah satu klub papan atas di English Premier League.

Viralnya santri tersebut bermula dari videonya dalam akun TikTok @baihaqinjruull yang dibagikan pada 13 Februari 2024. Video berdurasi 1 menit 16 detik tersebut terlihat pemuda memakai peci yang tengah bermain alat musik hadrah.

Yang mencuri perhatian warganet adalah raut wajah dan sorot matanya seklias mirip Haaland. Ditambah ia juga mempunyai rambut pirang dan dikucir bagian belakang.

Tercatat per Sabtu 1 Juli 2023 postingan tersebut telah mendapat 292  ribu lebih penonton, 20,1 ribu suka, dan 1147 dibagikan.

Ibnu Mukti Wijaya. Perawakan pemuda berusia 23 tahun ini memang seperti orang bule.

Akun tersebut juga membuat beberpa video lainnya yang menampilkan sosok pemuda mirip Haaland itu. Video ketika dia sedang melatih vokal banjari menjadi yang paling banyak penontonya, mencapai 555 ribu lebih dan 643 dibagikan.

“Haland cabang Mojokerto,” tutur akun @leleamazon.

“Cak Haland versi Mojokerto wkwk,” ujar pengguna TikTok @banjari_zamannow.

“Haland versi jawa” ujar akun @R.

“100 persen mirip haland,” timpal akun @kelpinirwansah.

Setelah viral tim Kabarmojokerto.id kemudian mencari dan bertemu secara langsung dengan pemuda yang viral tersebut.

Ia bernama Ibnu Mukti Wijaya. Perawakan pemuda berusia 23 tahun ini memang seperti orang bule. Secara usia juga serupa dengan Haaland yang merupakan kelahiran 21 Juli 2000.

Kulitnya putih kemerahan serta rambut asli berwarna pirang. Tingginya 179 cm, tidak terpaut jauh dengan Haaland asli yaitu 194 cm.

Ibnu Mukti Wijaya merupakan kelahiran Kota Ambon Provinsi Maluku ini ternyata memang blesteran. Dia punya garis keturunan Belanda dari neneknya. Kini dia berdomisili di Dusun Kalicangkring Desa Kaligoro Kecamatan Kutorejo Mojokerto.

Setelah lulus SMA tahun 2019, dia sehari-hari memang latihan sekaligus mengajar kesenian banjari di tiga tempat.

“Ngajar ekstrakulikulier banjari di Pondok Uluwiyah, di desa sendiri juga, dan daerah Mlirip. (Masing-masing tempat) satu minggu sekali,” katanya, Sabtu (1/7/2023).

Ditanya soal video tersebut, Ibnu pun menjelaskan bahwa yang merekam video viral itu di TikTok itu adalah teman tim di grub banjari Al Bangsali bernama Baihaqi Ahmad.

Awalnya, ia tidak mengira wajahnya mirip dengan pesepak bola profesional kelahiran Leeds Inggris itu.

Bahkan, dia mengaku tak tahu sosok Haaland. Dia baru mengetahui dari kolom komentar akun TikTok temannya yang videonya viral tersebut.

“Tahunya mirip waktu banyak yang edit videonyakan, kata mirip Haaland. Lalu saya cari tahu tentang Haaland di google,” jelasnya.

Ketika ditanya apakah merasa mirip Haaland, pemudia berusia 23 tahun ini malu-malu menanggapinya.

“Mirip mungkin 50 persen. Mungkin mereka melihat saya dari gondrongnya,” Jawab Ibnu.

Berkat disebut mirip Haland, akhirnya Ibnu mengindolakan pemain bola berusia 23 tahun itu. Meski diriya mengaku tak begitu minat dengan sepak bola.

“Kalau sepak bola dulu waktu kecil suka. Setelah kesleo jadi truma sampai sekarang. Saya pindah ke Voli sekarang dan banjari,” ungkapnya.

Ibnu Mukti Wijaya tengah melatih hadrah.

Tak hanya itu, kini banyak juga yang meminta foto ketika dan satu grub banjarinya tampil di suatu acara. Tak sedikit pula warganet yang request Ibnu main banjari dengan memakai jersei Manchester City.

“Yang DM (Direct Massage) ada dari Jakarta, Bandung, Cilacap, katanya salam dari sini. Biasanya komen coba buat feed pakai jersi Manchester City, terus buat konten sholawat, ya seperti itu,” jelasnya.

Sementara, Baihaqi Wijaya merupakan pemilik akun yang viral menjelaskan pada awalnya ia hanya sekadar iseng-iseng mengunggah video yang menampilkan Ibnu bermain hadrah. Saat itu dirinya tidak menyebut Ibnu mirip Haaland karena dia pun tak tahu dengan sosok Haaland.

“Awalmya mulanya iseng-iseng buat konten, eh tidak tahunya FYP, undangan banjari waktu itu. Saya diberi tahu netizen kalau miring Eriling Haaland,” katanya.

Meski demikian, ia berpendapat perawakan temannya itu tidak 100 persen mirip. Karena disegi postur tubuh tidak sama.

“Kalau mirip sekitar 60 persenlah dari segi muka dan rambutnya. Kalau badaanya si nggk, kurag dempal. Bedanya dia (Ibnu) pemain banjari, sedangakan Haaland pemain sepak bola,” tuturnya.(Her/Latif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kabar Popular